Apa Itu Love Language Quality Time? Ini Pengertian, Contoh, & Tipsnya dalam Hubungan
Yuk Share!

Love language quality time bisa dinobatkan sebagai salah satu love language yang paling sering dibahas. Meskipun demikian, tidak semua orang memahami secara mendalam apa itu sebenarnya love language quality time.

Love language quality time tidak hanya sekedar mengalokasikan waktu bersama pacarmu, tapi ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dan lakukan jika pasanganmu memiliki love language quality time.

Untuk menghindari pacarmu ngambek karena kamu tidak memberikan love language quality time secara tepat, maka kamu perlu tahu apa itu love language quality time beserta contoh dan cara menerapkannya untuk membuat hubunganmu dengan Si Dia makin romantis dan intim.

Baca juga: Cari Tahu Love Languagemu di Sini!

Mengenal Love Language Quality Time

Love Language Quality Time: Defenisi & Tipsnya dalam Hubungan
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/Ie5qlONRWIY

Love language quality time adalah salah satu bahasa cinta yang ditandai dengan memberikan perhatian penuh berupa waktu berdua dengan pasangan. Fokus dari love language quality time adalah kebersamaan dan menikmati momen dengan pasangan.

Love language quality time tidak hanya sekedar meluangkan waktu bersama pacar, tapi kamu benar-benar harus memusatkan perhatianmu pada pasanganmu dan momen yang kalian lakukan berdua.

Saat sedang melakukan quality time, fokuskan perhatianmu ke pacarmu. Ini memperlihatkan kalau kamu memang memberikan waktu dan perhatianmu ke orang yang kamu sayangi serta menekankan kalau dia memang penting dalam hidupmu dan kamu mengapresiasi keberadaannya.

Sebenarnya contoh dari quality time tidak hanya meliputi melakukan deep talk atau bercerita hal-hal personal dengan pasangan, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas bersama pacarmu. Misalnya, berolahraga atau memasak bersama.

Bagi pasangan yang sedang LDR, quality time tetap dapat dilakukan dengan bantuan telepon ataupun video call. Kamu hanya perlu meluangkan dan mengatur waktu yang tepat untuk berkomunikasi dengan pacarmu. Ini juga menujukkan kalau jarak, waktu, dan kesibukanmu tidak menjadi penghalang untuk menunjukkan betapa pentingnya pasanganmu bagimu.

Tips Menerapkan Love Language Quality Time dalam Hubungan

Love Language Quality Time: Defenisi & Tipsnya dalam Hubungan
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/be8AmxavYp8

Kalau kamu tidak memiliki jenis love language quality time atau tidak terbiasa memberikan quality time, maka kamu bisa mencoba beberapa tips di bawah untuk menerapkan love language quality time secara tepat:

  • Perhatikan Gestur Non-verbal
    Gestur non-verbal sama pentingnya dengan apa yang kamu sampaikan ke pasanganmu. Tunjukkan ekspresi dan bahasa tubuh yang terbuka untuk memperlihatkan kalau kamu memperhatikan dan tertarik dengan apa yang disampaikan oleh pacarmu.

    Misalnya, kamu mencondongkan badan ke arah pacarmu dan menatapnya saat sedang berbicara untuk memperlihatkan kalau kamu memang mendengarkan dan memusatkan perhatianmu ke dia.
  • Gunakan Active Listening
    Selain gestur non-verbal, kamu juga perlu menerapkan active listening. Alih-alih fokus ke apa yang kamu pikirkan, pusatkan perhatianmu ke apa yang sedang dibicarakan oleh pacarmu. Cobalah untuk berempati dan memberikan afirmasi terhadap apa yang ia rasakan serta pikirkan.

    Saat menerapkan active listening, hindari memberikan saran jika pacarmu tidak memintanya. Cukup dengarkan saja dan berikan pertanyaan atau pernyataan yang memperlihatkan kalau kamu memang benar-benar sedang menyimaknya.
  • Jauhkan Hal-hal yang Bisa Mendistraksi
    Tak jarang notifikasi di handphone, terutama mengenai pekerjaan, dapat mengalihkan perhatianmu dan membuatmu tidak dapat menikmati momen berdua dengan Si Doi. Akan lebih baik kalau kamu menjauhkan hal-hal yang dapat mendistraksimu. Kamu bisa meletakkan handphone atau alat eletronik lainnya di ruangan lain saat sedang bersama pacarmu.
  • Atur Jadwal dan Rutinitas dengan Doi
    Kamu bisa mengalokasikan waktu bersama pasanganmu dengan membuat jadwal atau rutinitas tertentu. Misalnya, memasak bersama tiap weekend atau makan malam bersama di luar tiap hari Rabu.

    Namun, kamu tidak perlu terlalu kaku dengan jadwal dan rutinitas yang ada. Kamu juga bisa sesekali melakukan aktivitas tertentu bersama pasangan secara spontan. Kamu juga tidak perlu terpatok ke satu kegiatan tertentu, tidak ada salahnya kalian melakukan berbagai macam aktivitas baru dan kreatif bersama.
  • Fokus ke Kualitas
    Love language quality time tidak berfokus pada seberapa sering kamu dan pacarmu bertemu tapi ke seberapa berkualitas waktu yang kalian luangkan bersama. Oleh karena itu, alih-alih fokus ke seberapa sering kalian bertemu atau durasi dari tiap pertemuan, akan lebih baik kalau kamu fokus ke bagaimana kamu bisa memperdalam hubunganmu dengan pacarmu.
  • Nikmati Momen
    Hal paling penting dalam love language quality time adalah menikmati momen berdua dengan pasangan. Fokuskan pikiranmu ke waktu yang kalian luangkan bersama daripada melamun atau memikirkan hal yang lain.

Baca juga: 10 Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan yang Wajib Kamu Lakukan!

Jika pacarmu mempunyai love language quality time, hindari membatalkan pertemuan kalian kecuali benar-benar penting dan mendesak karena hal tersebut dapat membuat pasanganmu merasa sedih dan tidak dihargai, terutama kalau kalian sudah memiliki jadwal pertemuan yang tetap.

Selain itu, meskipun pacarmu memiliki quality time sebagai love language yang paling dominan, kamu tetap harus memperlihatkan love language lainnya dan tidak hanya berfokus pada satu jenis love language saja.

Ingin tahu lebih banyak soal tips seputar relationship tips, hal-hal seputar love language, kesehatan mental, ataupun pengembangan diri? Kamu bisa join grup Telegram Dear Senja melalui tautan ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

Referensi

MBG Relationships. (2022). What It Means to Have Quality Time As A Love Language + How to Show Love This Way. www.mindbodygreen(dot)com

Verywell Mind. (2022). The Quality Time Love Language and Your Relationship. www.verywellmind(dot)com

Women’s Health. (2022). What Is the Quality Time Love Language? It’s More Than Just Hanging Out with Your S.O.. www.womenshealthmag(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp