Curiga Suami Selingkuh? Ini 11 Ciri-Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi
Yuk Share!

Membangun suatu rumah tangga bukanlah hal yang mudah. Faktanya akan ada banyak tantangan dan konflik yang bermunculan dalam kehidupan suami-istri. Kadangkala permasalahan tersebut dapat mendinginkan hubungan rumah tangga dan menimbulkan keretakan.

Jika sudah demikian, rasa percaya kepada pasangan dapat berkurang dan kamu akan mulai bertanya-tanya apakah pasanganmu masih setia dan berkomitmen terhadap hubungan rumah tangga yang sudah kalian bina.

Tak heran kalau pertanyaan ‘apakah suami saya selingkuh?’ dapat melekat di pikiran. Namun, sebelum mulai membicarakannya secara terbuka dengan pasanganmu, ada baiknya kamu memastikan apakah pasanganmu memang tidak setia dengan mengecek ada tidaknya ciri-ciri suami berselingkuh.

Apa Saja Ciri-Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi?

Curiga Suami Selingkuh? Ini 11 Ciri-Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/7crB2ccrmPo

Meskipun terdapat beberapa tanda atau ciri-ciri seorang suami selingkuh atau berbohong menurut psikologi, tapi perlu dipahami kalau cara terbaik untuk mengetahui secara pasti adalah dengan menanyakannya secara frontal kepada pasanganmu.

Namun, sebelum bertanya, kamu tentunya perlu memastikan apakah suamimu memang berselingkuh dan berbohong atau tidak. Berikut adalah beberapa ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi yang bisa kamu jadikan acuan:

  1. Suami Menjauh Secara Emosional
    Salah satu ciri-ciri suami berselingkuh yang cukup terlihat adalah pasangan yang tiba-tiba menjauh secara emosional atau terasa lebih dingin. Pasanganmu menjadi jarang menyatakan rasa cintanya kepadamu atau terkadang terkesan cuek saat kamu sedang berbicara dengannya.

    Bukanlah hal yang mudah untuk terbuka secara emosional kepada dua orang dan hal ini dapat terlihat saat kamu berusaha untuk terhubung secara emosional dengan suamimu.
  2. Suami Menjadi Lebih Hangat dari Biasanya
    Suami yang secara tiba-tiba menjadi hangat atau bahkan bertingkah terlalu romantis secara mendadak dapat menjadi salah satu ciri-ciri dari suami selingkuh menurut psikologi.

    Misalnya, pasanganmu tiba-tiba suka membelikan kado dan bunga atau mendadak jadi sering meluangkan waktu denganmu. Hal ini dilakukan oleh pasangan untuk menutupi rasa bersalahnya karena sudah berselingkuh.

    Akan tetapi, kamu perlu memastikan kembali apakah perubahan perilaku ini memang karena pasanganmu selingkuh atau karena dia memang ingin mempererat hubungannya denganmu.
  3. Ada Perubahan Perilaku
    Kamu mungkin menyadari adanya perubahan perilaku dari suamimu akibat rasa cemas atau stres karena berusaha untuk mempertahankan dua hubungan dalam waktu yang bersamaan. Contohnya, pasanganmu menjadi lebih suka mengkritik atau lebih mudah marah.

    Selain itu, pasanganmu mungkin akan mulai sering mencari-cari hal-hal buruk untuk menjustifikasi aksi selingkuhnya dengan mengkritik segala hal tentang dirimu yang menurutnya tidak sesuai dengan idealismenya.
  4. Terlalu Mempedulikan Penampilan
    Meskipun tidak selalu menjadi ciri utama dari suami berselingkuh, tapi ada kemungkinan alasan pasangan yang tiba-tiba sangat peduli dengan cara berpakaian, bentuk badan, ataupun gaya fashion adalah karena ingin mencoba untuk menarik hati wanita lain.

    Tentunya ini tidak selalu berarti pasanganmu sedang berselingkuh karena bisa jadi suamimu memang ingin terlihat lebih baik. Kamu bisa memastikannya dengan menanyakan ke pasanganmu alasan dari perubahan penampilan yang dia lakukan.
  5. Jarang di Rumah
    Jika awalnya suamimu bukanlah tipe yang senang bersosialisasi seusai jam kantor, maka ini bisa menjadi salah satu ciri-ciri suami berselingkuh. Pasanganmu mulai mencari-cari alasan untuk keluar dari rumah atau sering pulang kemalaman.
  6. Terkesan Menyembunyikan Sesuatu
    Ciri-ciri lain dari suami berselingkuh dapat terlihat dari gerak-geriknya yang terkesan menyembunyikan sesuatu. Pasangan yang awalnya terbuka dapat terlihat tertutup atau bahkan tidak banyak bercerita soal kegiatan sehari-harinya.

    Misalnya, suamimu sering berbohong, mengganti atau memakai kata sandi di telepon genggamnya, secara tiba-tiba menutup laptop, atau tidak berani mengangkat telepon tertentu saat sedang bersamamu.
  7. Sulit Dihubungi
    Salah satu ciri-ciri dari suami berselingkuh adalah sulit untuk dihubungi karena kemungkinan dia sedang menghabiskan waktu dengan orang lain. Pasanganmu menjadi jarang mengangkat telepon atau membalas pesanmu, serta selalu memberikan alasan-alasan yang membuatnya tidak bisa menghubungimu.
  8. Kehidupan Seksual yang Menurun
    Tidak dapat dipungkiri kalau hubungan intim adalah salah satu aspek yang cukup penting dalam suatu rumah tangga. Oleh karena itu, bukanlah hal yang aneh kalau para istri dapat merasakan adanya perubahan pada kehidupan seksual dalam rumah tangga.

    Suami yang sering meluangkan waktu dengan orang lain tentunya tidak akan lagi memiliki energi untuk berinteraksi dengan istrinya. Pasangan yang secara tiba-tiba merasa cepat lelah atau sering menolak ajakanmu untuk berhubungan badan dapat menjadi ciri-ciri lain dari suami berselingkuh.
  9. Atmosfer yang Berbeda di Lingkaran Sosial Pasangan
    Apabila kamu merasakan ada perubahan sikap dari teman-teman atau rekan kantor pasanganmu terhadap dirimu, bisa jadi karena mereka merasa tidak nyaman di dekatmu karena mengetahui perselingkuhan yang dilakukan suamimu.
  10. Masalah Finansial
    Bingung karena ada pengeluaran yang tidak diketahui asalnya? Bisa jadi itu merupakan salah satu ciri-ciri suami selingkuh. Menyenangkan selingkuhan tentunya tidak bisa hanya dengan kata-kata manis, pasanganmu juga pasti membutuhkan biaya untuk membelikan kado untuknya.

    Namun, jangan langsung menuduh pasanganmu, kamu tetap perlu bertanya ke pasanganmu mengenai asal muasal pengeluaran tersebut dengan kepala dingin.
  11. Menghindari Diskusi Terbuka
    Kadangkala pasangan yang selingkuh tidak ingin atau bahkan menghindari diskusi terbuka mengenai isu perselingkuhan. Bahkan, seringkali suami yang selingkuh akan marah dan malah menyalahkan dirimu, atau membuat penjelasan yang panjang dan rumit.

Baca Juga: Apa Alasan Wanita Selingkuh Menurut Psikologi? Ini Ciri dan Penjelasannya!

Cara Ikhlas Menghadapi Suami Selingkuh

Curiga Suami Selingkuh? Ini 11 Ciri-Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikologi
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/owBcefxgrIE

Apabila kamu menemukan ada banyak ciri-ciri suami selingkuh menurut psikologi yang sesuai dengan kondisi rumah tanggamu sekarang, jangan asal menyimpulkan. Kamu tetap perlu membicarakannya secara tenang, jujur, dan terbuka dengan pasangan.

Jangan terbawa emosi dan paparkan apa yang kamu rasakan serta apa saja bukti atau ciri-ciri yang membuatmu yakin suamimu selingkuh. Seringkali ada penjelasan di balik perilaku yang ditunjukkan oleh pasanganmu.

Jika suamimu tidak ingin diajak berdiskusi, kamu bisa meminta bantuan orang terdekat yang terpercaya sebagai mediator. Di sisi lain, apabila pasangan mengakui kalau dirinya sedang berselingkuh, maka kamu perlu memutuskan bagaimana menjalani hubungan rumah tangga kalian ke depannya.

Tidak ada salahnya bercerita dengan orang terdekat yang kamu percayai mengenai isu perselingkuhan pasanganmu untuk mengurangi stres dan mencari jalan keluar.

Masalah dalam rumah tangga, terutama topik perselingkuhan, adalah sesuatu yang rumit dan terkadang tidak dapat diselesaikan dalam satu waktu. Oleh karena itu, jangan malu untuk mengunjungi konselor, psikolog, terapis atau psikiater yang ahli dalam menangani masalah keluarga dan pasutri dan perbanyak referensi mu di dearsenja.com.

Baca juga: Apakah Gaslighting adalah Bentuk Manipulasi yang Mengerikan? Yuk Kenali Definisi & Contohnya di Sini!

Referensi

Mom Junction. (2022). 10 Signs Your Husband Is Having an Affair. www.momjunction(dot)com

Psychology Today. (2018). 10 Signs Your Spouse Is Cheating. www.psychologytoday(dot)com

Verywell Mind. (2021). Signs Your Spouse Could Be Cheating. www.verywellmind(dot)com

WebMD. (2020). Signs of Cheating Husband Guilt. www.webmd(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp