Gimana Caranya Biar Nggak Galau Habis Putus Cinta? Ini Tips Ampuh Mengatasinya!
Yuk Share!

Katanya sakitnya putus cinta bisa mengalahkan rasa sakit gigi, wajar aja kalau banyak orang yang mencari jawaban mengenai gimana caranya biar nggak galau sehabis diputusin oleh kekasih hati. Kalau kamu sedang berada di fase ini, kamu tidak sendirian!

Putus cinta dapat memunculkan beragam emosi negatif, mulai dari kesedihan sampai kemarahan. Tak jarang ada yang mengalami masalah psikis, seperti depresi atau kecemasan yang bisa berpengaruh ke kesehatan fisik.

Tidak ada yang ingin terjebak di ‘status galau’ karena rasanya kamu seperti terseret ke dalam suatu lubang hitam yang penuh keputusasaan dan kesedihan. Lalu, gimana sih caranya biar nggak galau lagi habis putus cinta? Cek tipsnya di bawah!

Baca juga: Sedang Galau? Coba 11 Cara Menghilangkan Stress di Pikiran Ini!

Gimana Cara Biar Nggak Galau Lagi Habis Putus Cinta?

Gimana Caranya Biar Nggak Galau Habis Putus Cinta? Ini Tipsnya!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/CFzK-jX2g5s

Cara menghilangkan galau setelah putus dari pacar selalu menjadi sesuatu yang ditelusuri di internet saat seseorang baru saja putus cinta. Sebenarnya ada banyak cara menyibukkan diri agar tidak galau lagi, tapi tidak semuanya sehat untuk dilakukan.

Oleh karena itu, kamu perlu mencari dan mencoba cara-cara untuk mengelola sakit hati yang kamu rasakan pascaputus secara sehat. Kamu bisa mulai dengan melakukan beberapa cara ini:

  1. Berikan Waktu untuk Dirimu
    Langkah pertama dalam cara mengatasi galau setelah putus cinta adalah memberikan waktu untuk dirimu untuk sembuh. Alih-alih langsung mencari orang baru, cobalah diam, renungkan, dan evaluasi apa yang sudah kamu lalui dengan mantanmu.

    Kira-kira apa yang membuat hubungan tersebut kandas, dari sana kamu bisa belajar untuk menjadi lebih baik agar di hubungan percintaanmu yang selanjutnya, kamu tidak membuat kesalahan yang sama yang berujung pada putusnya hubungan.

    Selain merefleksikan apa yang sudah terjadi, kamu juga perlu memahami dirimu. Terima segala emosi dan pemikiran yang kamu miliki. Jangan tekan dan mencueki perasaan tersebut, akui bahwa apa yang sedang kamu lalui sekarang ini memang sulit dan menyakitkan.

    Tidak perlu mengkritik dan menyalahkan dirimu secara berlebih. Apapun kesalahan yang sudah kamu lakukan, jadikan itu sebagai pembelajaran. Fokus ke apa yang bisa kamu perbaiki dan pahami apa saja kelebihanmu yang bisa kamu asah atau tonjolkan.
  2. Lakukan Hal-Hal yang Membuatmu Senang
    Setelahnya, kamu bisa mencoba mencari hal-hal lain di luar dirimu. Cara mengatasi galau akibat putus cinta tidak melulu dengan mencari pengganti mantanmu. Kamu bisa mulai dengan melakukan hal-hal yang membuatmu senang, menarik minat, atau memantik passion di dalam dirimu.

    Kamu dapat melakukan hobi yang sudah lama tidak kamu geluti, memakan hidangan favoritmu, atau bahkan mencoba hal-hal baru yang sebelumnya tidak dapat kamu lakukan saat masih bersama mantanmu.
  3. Berolahraga
    Berolahraga tidak hanya baik untuk tubuh, tapi juga dapat menjadi cara biar nggak galau habis putus cinta. Aktivitas fisik dapat mengurangi stres dan dapat menyalurkan emosi-emosi yang kamu rasakan akibat putus cinta.

    Cobalah untuk berolahraga secara rutin tiap harinya ketika kamu merasa sedih atau teringat mantanmu. Kamu bisa bersepada ataupun berjalan-jalan santai di sekitaran rumah.
  4. Rawat Diri
    Saat sedang putus cinta, sangat wajar kalau kamu jadi terlalu terfokus dengan hubungan masa lalumu sampai-sampai kamu jadi tidak bersemangat untuk melakukan hal-hal lainnya, termasuk merawat diri.

    Jangan sampai kamu lupa untuk membersihkan diri, makan, dan beristirahat secara teratur. Kamu tetap perlu menjaga dirimu untuk merasa lebih baik.
  5. Cari Support System
    Sendirian di rumah sambil merenungi hubunganmu yang sudah berlalu tentunya bukanlah sesuatu yang sehat. Kamu memang perlu memberikan waktu untuk dirimu, tapi itu tidak berarti kamu tidak keluar dan beraktivitas ataupun berinteraksi dengan orang lain.

    Mencari dukungan sosial dengan bercengkrama dengan orang terdekat dapat membantumu melalui masa-masa putus cinta yang terasa suram. Kamu bisa bercanda atau sekedar curcol dengan teman. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan persepsi baru dari masalah yang kamu hadapi.

    Kalau kamu merasa tidak memiliki teman atau kerabat yang bisa kamu ajak ngobrol, maka kamu bisa bersosialisasi dengan orang baru dengan bergabung dalam suatu komunitas. Kamu dapat ikut ke dalam komunitas sosial atau group yang memiliki ketertarikan yang sama.

    Salah satu komunitas yang bisa kamu coba ikuti adalah Dear Support System by Dear Senja. Komunitas ini adalah sebuah wadah yang dibuat oleh Dear Senja sebagai tempat untuk berkeluh kesah dan berkenalan dengan orang baru.
  6. Membaca Buku
    Membaca buku dapat menjadi cara biar nggak galau habis putus cinta karena buku dapat menawarkan banyak perspektif baru mengenai dirimu ataupun hubungan yang kamu lalui, terutama jika kamu membaca buku self-help atau self-improvement.

Baca juga: Apa Itu Nostalgia? Berikut Penjelasan, Jenis,& Manfaatnya

Saat berada dalam fase putus cinta, sangat wajar kalau sementara kamu sedang mencari gimana cara biar nggak galau habis putus cinta, kamu juga membandingkan diri dengan mantanmu. Tiap orang memiliki tahapan dan cara yang berbeda-beda untuk move on serta mengelola segala emosi yang dialami akibat putus cinta.

Kamu tidak perlu membandingkan diri dengan mantanmu atau bahkan merasa kehidupannya jauh lebih baik darimu. Kamu juga tidak perlu tergesa-gesa dalam mencari gebetan baru karena kehidupan percintaanmu bukanlah sebuah kompetisi.

Kalau kamu mengalami kesulitan untuk move on setelah putus dari pasangan sampai-sampai sulit untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Kamu bisa mengunjungi tenaga ahli, seperti konselor, psikiater, psikolog, atau terapis.

Referensi

Everyday Health. (2017). How to Move On: 10 Steps For Closure After You Break Up. www.everydayhealth(dot)com

Healthline. (2019). The Practical Guide to Healing a Broken Heart. www.healthline(dot)com

Healthline. (2016). What Does Heartbreak Do to Your Health?. www.healthline(dot)com

PsychCentral. (2021). 10 Tips for Healing a Broken Heart. www.psychcentral(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp