Mengenal Love Language Act of Service: Pengertian, Contoh, & Tips Dalam Hubungan
Yuk Share!

Love language adalah salah satu aspek yang penting dalam membina suatu hubungan yang intim dan dalam. Bagaimana tidak? Bayangkan saja kalau pacar kamu senang diapresiasi tapi kamunya malah tidak peka dan tiap hari hanya memberikannya kado saat sedang ngedate.

Selain bisa mengekspresikan tanda cintamu secara tepat ke pasangan, love language juga dapat menjadi sarana untuk lebih mengenal pacarmu. Nah, salah satu dari lima love language adalah act of service atau memberikan bantuan atau pelayanan.

Love language act of service adalah sesuatu yang kerap kali dimiliki oleh beberapa pasangan. Lantas, apa itu act of service dan apa saja contoh serta cara menerapkannya dalam hubungan? Ketahui selengkapnya di bawah!

Baca juga: Cari Tahu Love Languagemu di Sini!

Apa Itu Love Language Act of Service?

Love Language Act of Service: Defenisi dan Tips Dalam Hubungan
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/jCPL0oxBhB0

Act of service adalah satu dari lima love language yang meliputi melakukan sesuatu yang dibutuhkan atau diinginkan oleh pasangan. Orang yang memiliki love language act of service akan senang jika pasangannya mengekspresikan rasa sayang dan cinta mereka melalui tindakan yang nyata.

Kalau kamu mempunyai pasangan yang memiliki act of service sebagai love language-nya, maka ia akan senang ketika kamu memperlihatkan rasa cintamu dengan melakukan hal-hal yang memang dia senangi atau butuhkan, misalnya memijat bahunya sehabis kerja atau memasak makan malam.

Dari semua love language, act of service adalah bahasa cinta yang membutuhkan banyak waktu dan tenaga. Namun, semuanya akan terbayarkan ketika kamu melihat wajah senang pacarmu setelah kamu membantunya.

Sebenarnya act of service tidak berarti kamu harus memberikan pacarmu apapun yang dia inginkan layaknya pelayan kerajaan. Act of service adalah suatu tindakan yang bisa tercermin dari hal-hal yang kecil yang menunjukkan kalau kamu peduli dan memperhatikan pasanganmu, seperti menyeduhkan kopi dengan takaran gula yang sesuai dengan preferensinya.

Act of service juga bisa menjadi suatu cara untuk memperlihatkan kalau kamu mendukung pacarmu dengan membantu meringankan beban dan tanggung jawabnya.

Ada banyak contoh love language act of service yang dapat kamu lakukan, misalnya membantu membersihkan rumah, merakit furnitur, membantu membelikan belanja bulanan, membukakan pintu mobil, merawat pacarmu ketika ia sedang sakit, menjaga peliharaannya, memasak makan malam, dan sebagainya.

Cara Menerapkan Love Language Act of Service

Love Language Act of Service: Defenisi dan Tips Dalam Hubungan
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/n4ymhyyFY7A

Tidak dapat dipungkiri kalau bagi beberapa orang, act of service adalah sesuatu yang tidak biasa dilakukan atau bahkan diterima. Oleh karena itu, wajar saja kalau ada sebagian orang yang kesulitan dalam melakukan atau bahkan menerima act of service

Untungnya, menerima dan melakukan act of service adalah sesuatu yang dapat dipelajari secara perlahan. Seiring berjalannya waktu, kamu akan mulai terbiasa menerima dan memberikan act of service. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba agar dapat melakukan love laguage act of service secara lebih efektif:

  • Perhatikan Pasangan
    Kamu bisa langsung bertanya ke pacarmu apa yang dia ingin kamu lakukan, tapi akan lebih baik kalau kamu bisa mencari tahu apa yang pasanganmu senangi dengan memberikan perhatian ekstra, seperti melihat apa genre film kesukaan pacarmu atau apa lauk favoritnya.
  • Jadi Lebih Peka
    Selain memperhatikan pasangan, kamu juga bisa memahami hal-hal yang dibutuhkan oleh pacarmu dengan menjadi lebih peka. Sadari dan perhatikan apa saja hal-hal yang pacarmu tidak senang lakukan atau tidak sempat ia lakukan.

    Misalnya, pacarmu mengeluh kalau dia tidak senang kalau harus mencuci piring, maka kamu bisa menggantikannya mencuci piring. Contoh lainnya, pacarmu tidak ada waktu untuk makan siang, maka kamu bisa membelikan atau membawakannya makan siang.
  • Lakukan Apa yang Menjadi Kelebihanmu
    Tidak perlu pusing memikirkan apa yang bisa kamu lakukan untuk pacarmu, cukup fokus ke apa yang menjadi kelebihanmu. Misalnya, kamu ahli dalam memperbaiki furnitur di rumah, maka kamu bisa mengajukan diri untuk memperbaiki lemari pacarmu yang sudah lama rusak.

Baca juga: 10 Cara Bersikap Dewasa dengan Pasangan yang Wajib Kamu Lakukan!

Namun, perlu diingat kalau tidak ada satu orang yang benar-benar hanya memiliki satu jenis love language. Meksipun pacarmu lebih condong ke love language act of service, kamu tetap perlu mengekspresikan rasa cinta dan sayangmu dengan love language lainnya, seperti quality time dan physical touch.

Kalau kamu ingin tahu lebih jauh soal tips menjalin hubungan dengan pasangan, hal-hal seputar love language, atau tips menjaga kesehatan mental, maka kamu bisa bergabung di grup Telegram Dear Senja melalui link ini!

Referensi

MBGRelationships. (2022). What “Acts of Service” Means As A Love Language + 101 Examples. www.mindbodygreen(dot)com

Verywell Mind. (2022). The Acts of Service Love Language. www.verywellmind(dot)com

Verywell Mind. (2022). What Are the Five Love Languages?. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp