Apa Itu Backburner Ini Definisi, Ciri-ciri, dan Cara Berhentinya

Apa Itu Backburner Ini Definisi, Ciri-ciri, dan Cara Berhentinya

Yuk Share!

Hola…Mungkin sebagian dari kamu pernah mendengar kata- kata backburner yang sedang viral di social media baik itu di Tiktok ataupun di instagram. Kata backburner juga viral ketika ada salah satu lagu salah satu penyanyi asal Indonesia Niki yang menyanyikan lagu berjudul “Backburner”

Apa itu Backburner Dalam Hubungan?

Di dalam kamus Cambridge, memang tidak memberikan definisi tersendiri bahasa gaul untuk “backburner” dalam hubungan asmara. Namun, Menurut Cambridge Dictionary, “put something on the back burner” adalah idiom dan mendefinisikannya sebagai sesuatu yang Tidak sedang dikerjakan saat ini dan Masih dipertimbangkan untuk masa depan.

Menurut dictionary.com, “backburner” berarti “prioritas bawah/akhir”.

Dalam bahasa gaul, istilah backburner dalam hubungan adalah orang yang tidak diprioritaskan oleh pasangannya. Tentu saja seorang backburner diperlakukan sebagai prioritas bawah atau sebagai cadangan ketika menjalin hubungan dalam komunikasi & aktifitas lainnya oleh pasangannya.

Definisi Backburner Relationship

Backburner relationship adalah kondisi sebuah hubungan percintaan yang mana pasangannya tidak memprioritaskan hubungan yang dijalaninya.

Menurut Parkview Health Research Repository* Backburner relationship (Hubungan back burner) melibatkan setidaknya satu individu yang tertarik secara romantis pada seseorang namun saat ini mereka tidak fokus atau memprioritaskan orang tersebut.

Ciri-ciri Backburner relationship (Dalam Hubungan)

Berikut adalah beberapa ciri-ciri backburner dalam hubungan:

1. Slow Response & Komunikasi yang tidak konsisten

Gebetan atau Pasanganmu tidak selalu membalas chat atau teleponmu dengan cepat, dan mereka sering membatalkan rencana di menit-menit terakhir.

2. Kurangnya perhatian dan kasih sayang

Gebetan atau Pasanganmu tidak menunjukkan banyak usaha untuk membuatmu merasa dicintai dan dihargai.

3. Hilang dan Timbul

Saat berinteraksi denganmu, gebetan atau pasangan yang menjadikanmu backburner akan tiba-tiba datang dan hilang sesuka hatinya

4. Dijadikan Cadangan

Gebetan atau Pasanganmu lebih sering menghabiskan waktu dengan teman, keluarga, atau hobinya atau orang lain daripada denganmu. Kamu hanya dijadikan Cadangan.

5. Kurang komitmen

Gebetan atau pasanganmu tidak yakin tentang masa depan hubunganmu dan tidak memulai ataupun ingin membuat komitmen jangka panjang denganmu.

6. Terasa dimanipulasi

Kamu merasa dimanipulasi oleh pasanganmu untuk tetap berada dalam hubungan meskipun kamu tidak diperlakukan dengan baik.

Contoh Backburner Relationship

Berikut adalah beberapa contoh backburner dalam hubungan:

  • Sebut saja ‘Maryam’ sudah lama dekat dengan Toni. Toni selalu beralasan sibuk dengan aktifitas atau pekerjaannya dan jarang meluangkan waktu untuk Maryam. Toni melakukan dry text dan lama membalas di whatsapp sehingga membuat Maryam merasa kesepian dan diabaikan, (Maryam chat pagi dibalas malam atau keesokan harinya) tetapi seminggu kemudian Toni mengajak jalan tiba-tiba untuk makan malam atau menonton bisokop. Hal ini terus dilakukan selama beberapa bulan dan Maryam masih tetap bertahan dalam hubungan ini karena dia menyukai Toni.
  • Raihan dan Isabella telah berpacaran selama beberapa bulan. Raihan selalu memuji wanita lain, di depan Isabella, mengajak jalan wanita lain dengan alasan teman dan membuatnya merasa tidak di prioritaskan. Isabella berusaha untuk menyenangkan Raihan, tetapi dia selalu merasa seperti cadangan.

Perbedaan Backburner dengan Second Choice

Meskipun backburner dan second choice memiliki beberapa kesamaan, ada beberapa perbedaan utama antara keduanya:

  • Backburner: Dalam hubungan, kedua belah pihak pasangan tahu bahwa mereka tidak berada dalam hubungan yang berkomitmen penuh.
  • Second choice: Dalam hubungan, salah satu pasangan tidak tahu bahwa mereka adalah pilihan kedua.

Tips Cara Berhenti Menjadi Backburner

Jika kamu merasakan backburner relationship, berikut adalah beberapa tips cara berhenti jadi backburner dalam hubungan:

1. Komunikasikan perasaanmu

Bicaralah dengan pasanganmu tentang apa yang kamu rasakan dan beri tahu mereka bahwa kamu tidak ingin tidak diprioritaskan.

2. Tetapkan batasan

Tetapkan batasan yang jelas tentang apa yang kamu anggap dapat diterima dalam suatu hubungan dan jangan biarkan pasanganmu melewatinya.

3. Harga diri

Jangan biarkan pasanganmu membuatmu merasa tidak berharga dan rendah. Ingatlah bahwa kamu pantas dicintai dan dihormati.

4. Berhentilah berusaha

Jika pasanganmu tidak mau berusaha untuk membuatmu bahagia, pertimbangkan untuk mengakhiri hubungan.

5. Cintai diri sendiri

Masih sama dengan harga diri. Fokuslah pada kebahagiaan dan kesejahteraanmu sendiri. Kamu layak untuk dicintai. Luangkan waktu untuk melakukan hal-hal yang kamu sukai dan temukan orang-orang yang membuatmu merasa dicintai dan dihargai.

Kesimpulan

Itulah penjelasan apa itu Backburner dalam hubungan. Backburner relationship dapat menjadi situasi yang menyakitkan dan melelahkan. Jika dalam hubungan kamu merasa berada dalam situasi ini, penting untuk mengambil langkah-langkah untuk melindungi diri sendiri dan keluar dari hubungan tersebut.

Ingatlah bahwa kamu pantas dicintai dan dihormati, dan jangan biarkan siapa pun membuatmu merasa sebagai Backburner. Jika kamu butuh curhat terkait hubunganmu, kamu bisa join di Dear Support System by Dear Senja.

Source:
Dictionary(.)com (Backburner)
Cambridge Dictionary (On the backburner)
*Parkview Health Research Repository (Standby Lovers: A Typology and Theoretical Investigation of Back Burner Relational Maintenance)

This article topic is inspired by song “Backburner” by Niki


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp