Apa Itu Cowok Mokondo Berikut Ciri, Contoh dan Cara Menghadapinya

Apa Itu Cowok Mokondo Berikut Ciri, Contoh dan Cara Menghadapinya

Yuk Share!

Hi teman Senja! Pasti kamu habis lihat social media dan menemukan postingan orang lain yang membahas Mokondo? Sebenarnya apa itu Mokondo? Yuk simak penjelasannya berikut ini:

Pengertian Mokondo

Mokondo adalah istilah gaul yang berasal dari singkatan “modal kont*l (alat vital pria) doang”. Istilah ini populer di generasi milenial dan Gen Z yang digunakan untuk menggambarkan seorang pria yang pelit, tidak mau memberikan effort serta mengeluarkan uang, dan selalu ingin gratisan dari orang lain. Ibaratnya hanya modal dirinya saja tidak modal uang dan effort sama sekali.

Cowok Mokondo di dalam hubungan biasanya merujuk pada seorang pria yang tidak mau mengeluarkan uang untuk kencan, makan, membelikan sesuatu untuk pasangannya atau bahkan hal-hal kecil lainnya. Mereka juga sering memanfaatkan pasangannya baik itu dibayarin, minta dibelikan barang, atau hal-hal lainnya untuk mendapatkan keuntungan pribadi.

Ciri-Ciri Cowok Mokondo

Nah Teman senja berikut ini beberapa ciri-ciri pria mokondo:

  • Selalu ingin gratisan: Cowok Mokondo selalu mencari cara untuk mendapatkan sesuatu dari pasangan secara gratis. Mereka enggan mengeluarkan uang dari dompet mereka untuk berbagai hal.
  • Pelit dalam memberi: Cowok Mokondo cenderung pelit dalam memberi barang, hadiah atau uang kepada orang lain. Parahnya, mereka bahkan sering kali meminta uang kepada orang lain.
  • Suka memanfaatkan orang lain: Cowok Mokondo sering kali memanfaatkan orang lain untuk mendapatkan keuntungan pribadi. Mereka tidak segan-segan meminta bantuan orang lain dengan entengnya (beretika buruk) tanpa memberikan feedback/imbalan.
  • Suka berbohong dan Selalu mencari alasan untuk tidak mengeluarkan uang: Cowok Mokondo selalu mencari alasan untuk tidak mengeluarkan uang. Mereka sering kali bohong dan berpura-pura lupa membawa dompet, Mbanking, ataupun uang cash (alasan tidak punya uang).
  • Tidak Tahu Malu: Meskipun pasangan nya marah dan kecewa atas sikap cowok mokondo, tetapi cowok Mokondo sering kali tidak pernah merasa bersalah atau cenderung tidak tahu malu walaupun sudah ditegur ataupun ketahuan berbohong.

Contoh-contoh Cowok Mokondo

Setelah tahu ciri-ciri cowok mokondo, Berikut beberapa contoh perilaku mokondo:

  • Seorang pria mengajak pacarnya kencan, tetapi dia tidak mau gantian membayar makanannya ataupun split bill.
  • Seorang teman selalu meminta uang kepada pasangan ataupun teman nya, tetapi dia tidak pernah mau mengembalikannya.
  • Seorang pria selalu mencari tempat makan yang gratis
  • Seorang pria selalu meminta barang atau dibelikan barang kepada pasangannya ataupun orang lain tanpa merasa sungkan
  • Seorang pria selalu meminjam barang kepada temannya yang lain, tetapi dia tidak pernah mengembalikannya ataupun ketika pasangannya menagih dia beralasan hilang dll tanpa minta maaf.

Tips Menghadapi Cowok-Cowok Mokondo

Nah Teman Senja. Mungkin dari kamu pernah menghadapi bagaimana menyebalkannya cowok-cowok mokondo. Berikut ini beberapa tips yang bisa kamu lakukan:

  1. Bersikap Tegas: Jangan ragu untuk mengatakan “tidak” kepada cowok mokondo yang meminta sesuatu secara gratis.
  2. Hindari kencan dengan mokondo: Jika kamu sudah mendapatkan signal-signal red flag cowok mokondo dari ciri-ciri diatas saat PDKT-an, hindari kencan dengannya. Kamu hanya akan membuang waktu dan uang.
  3. Jangan pinjamkan uang tanpa agunan: Jika cowok mokondo meminjam uang, usahakan jangan pinjamkan kepadanya secara cuma-cuma. Kemungkinan besar dia tidak akan mengembalikannya terlebih tanpa agunan atau jaminan.
  4. Hati-hati dengan barang bawaanmu: Saat bersama dengannya, biasanya cowok mokondo memiliki potensi untuk berbuat jahat. Maka berhatihatilah. Cowok Mokondo mungkin saja mengambil barang bawaanmu tanpa izin.
  5. Jauhkan diri dari Cowok mokondo: Jika cowok mokondo selalu membuatmu merasa kesal, jauhkan diri darinya. Kamu tidak perlu menghabiskan waktu dengan orang yang negatif.

Itulah Pengertian cowok mokondo, ciri-ciri, serta contoh cowok mokondo dan acar menghadapinya dari Dear Senja.

Perlu diingat bahwa cowok mokondo adalah cowok yang wajib dihindari tetapi tidak semua pria yang pelit adalah cowok mokondo dan hati-hati dalam menilai orang lain. Karena mungkin saja ada beberapa pria yang memang hemat dan tidak suka membuang-buang uang. Kamu bisa komunikasikan juga saat berkomunikasi denga cowok itu terhadap keresahanmua agar kamu tahu apa alasannya tidak mau keluar uang. Namun, mokondo adalah pria yang pelit dan tidak hanya hemat. Mereka juga egois dan cenderung memanfaatkan orang lain.

Semoga artikel ini bermanfaat ya Teman Senja!


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp