Pasti Luluh! Ini 9 Cara Minta Maaf ke Pacar yang Sedang Marah dengan Baik dan Tulus
Yuk Share!

Manusia tidak ada yang sempurna. Semakin dekat seseorang dengan orang lain maka makin besar peluang untuk terjadi konflik yang dapat menyakiti satu atau kedua belah pihak. Ini juga tentunya terjadi di hubungan percintaan.

Berpacaran tidak hanya dipenuhi dengan tawa dan canda saja, tapi terkadang kamu atau pasangan dapat secara tidak sengaja menyakiti satu sama lainnya yang berujung memicu amarah dari Si Doi. Kalau kamu mau berbaikan dengan pasanganmu, kamu bisa mencoba cara minta maaf ke pacar di bawah ini!

Baca juga: 11 Ungkapan Penyesalan Kata-Kata Minta Maaf yang Tulus dari Hati

Bagaimana Cara Minta Maaf ke Pacar yang Sedang Marah?

9 Cara Minta Maaf ke Pacar yang Marah dengan Baik dan Tulus
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/EuCll-F5atI

Kalau kamu melakukan kesalahan, sudah suatu keharusan untuk mengakui dan meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat, apalagi kalau yang kamu lakukan adalah sesuatu yang sangat menyakiti pacarmu dan membuatnya marah.

Meminta maaf tidak hanya untuk memperbaiki hubungan saja tapi juga membantu mengembangkan hubungan percintaanmu ke arah yang lebih baik karena dengan menyadari dan mengakui kesalahanmu, kamu dapat memperdalam komunikasi dengan pacar dan mengurangi kemungkinan melakukan kesalahan yang sama.

Nah, bagi kamu yang bingung bagaimana cara minta maaf untuk bisa berbaikan lagi dengan pacar, kamu bisa lakukan langkah-langkah ini:

  1. Refleksi Diri
    Sebelum mulai memikirkan cara apa yang bisa dilakukan untuk meminta maaf dan berbaikan dengan pacar, kamu justru perlu menenangkan diri dan melihat keseluruhan masalah secara objektif.

    Sadari dan refleksikan kesalahan yang telah kamu buat. Seringnya konflik bisa terjadi karena kesalahan dari dua pihak atau penanganan konflik yang kurang tepat dari kamu dan pasangan. Telaah kembali apa kira-kira pemicu dari konflik yang terjadi dan apa kontribusimu di dalamnya.

    Refleksikan apa yang telah kamu perbuat sampai pacarmu bisa marah atau merasa tersakiti. Pastikan kalau kamu memang meminta maaf karena kamu tahu kamu salah dan bukan hanya semata-mata untuk memperbaiki hubungan saja.

    Permintaan maaf yang tulus ke pacar harus diiringi kesadaran akan kesalahan yang telah diperbuat dan bukan hanya sekedar untuk ‘mengalah saja’ karena tanpa adanya refleksi dan kesadaran, kamu pasti akan melakukan kesalahan yang sama yang pada akhirnya malah membuat pacarmu jauh lebih terluka.
  2. Cari Waktu dan Metode yang Tepat
    Selain menyadari kesalahan dan alasan kenapa kamu mau membuat permintaan maaf ke pacar, maka langkah berikutnya adalah memilih waktu dan metode yang tepat untuk meminta maaf ke pasanganmu.

    Berikan ruang dan waktu untukmu serta pacar supaya bisa tenang kembali. Jangan terburu-buru meminta maaf saat pasanganmu masih belum mau diajak berkomunikasi. Setelahnya, mulailah mencari metode yang cocok untuk menyampaikan permintaan maafmu.

    Meminta maaf via chat atau telepon adalah metode yang cocok untuk kamu yang kesulitan untuk meminta maaf secara tatap muka atau ketika pasanganmu belum mau bertemu secara langsung. Namun, akan lebih baik kalau kamu bisa secara langsung menyampaikan permintaan maafmu kepada pacar.

    Untuk orang-orang yang sedang LDR atau long distance relationship, maka video call dapat menjadi rekomendasi cara meminta maaf kepada pacar.
  3. Jangan Berkelit
    Tidak ada orang yang senang disalahkan atau ketahuan sudah melakukan kesalahan. Oleh karena itu, ada kemungkinan kamu akan berusaha untuk memberikan alasan atas apa yang telah kamu lakukan.

    Faktanya, kesalahan tetaplah sebuah kesalahan. Alih-alih menjustifikasi diri, kamu dapat menjelaskan apa kesalahanmu dan mengapa kamu melakukannya serta menekankan kalau itu bukanlah alasan untuk menyakiti pasanganmu.
  4. Sampaikan dengan Jelas
    Selanjutnya, komunikasikan apa kesalahanmu dan minta maaf atas tindakan atau perkataan yang kamu perbuat. Sampaikan secara spesifik dan hindari hanya sekedar meminta maaf tapi tidak memberitahukan apa kesalahannya.
  5. Ekspresikan Penyesalan dengan Empati
    Salah satu cara meminta maaf ke pacar adalah dengan menyampaikan penyesalanmu dengan penuh empati. Beritahukan ke pasanganmu kalau kamu sangat menyesali perbuatanmu dan kamu bisa melihat perspektifnya serta memahami perasaannya.
  6. Tawarkan Solusi
    Meminta maaf tidak hanya sekedar perkataan saja. Permintaan maaf ke pacarmu harus diiringi dengan aksi atau solusi yang nyata. Kalau kamu sudah meminta maaf, maka langkah selanjutnya adalah memberikan solusi agar kamu tidak mengulangi kesalahan yang sama.

    Misalnya, pacarmu marah karena kamu sering telat, maka kamu bisa memberitahukan pasanganmu kalau kamu akan bangun 30 menit lebih awal supaya kamu tidak memerlukan waktu yang lama untuk bersiap-siap.
  7. Fokus ke Kesalahanmu
    Selain mencoba menjustifikasi diri, kebiasaan lain yang mungkin tidak secara sadar kamu lakukan saat akan meminta maaf ke pacar adalah mengalihkan kesalahan. Setelah memberikan permintaan maaf, kamu langsung mengganti fokus ke kesalahan yang dilakukan oleh pasanganmu.

    Kamu tentu ingin menyampaikan perspektifmu juga, tapi berikanlah waktu ke pasanganmu untuk mencerna permintaan maafmu supaya dia bisa memahami kalau kamu memang meminta maaf dengan tulus.
  8. Diskusi dengan Pasanganmu
    Kalau sudah meminta maaf, dengarkan respon pacarmu tanpa memotongnya. Berikanlah respon yang sesuai dengan apa yang disampaikan oleh pacarmu. Kamu juga bisa memberitahukan sudut pandangmu saat pasanganmu sudah bisa diajak berdiskusi dengan tenang.

    Terkadang kemarahan yang dirasakan oleh pasanganmu bukanlah karena tindakan atau perkataan tersebut tapi karena adanya kebutuhan tertentu yang tidak terpenuhi. Contohnya, merasa tidak dihargai atau tidak dipahami. Oleh karena itu kamu tetap butuh berdiskusi dengan pasanganmu untuk bisa memahami pacarmu serta mencari solusi yang tepat dan dapat disepakati bersama.
  9. Berikan Waktu
    Jika pacarmu belum mau memberikan respon terhadap permintaan maaf yang kamu berikan, kamu tidak perlu memaksa dia untuk memaafkanmu atau memberikan respon tertentu. Hal yang paling penting adalah kamu sudah memberikan permintaan maaf dengan tulus ke pacarmu.

    Kadang kala pasanganmu membutuhkan waktu untuk bisa mengolah segala emosi yang ia rasakan untuk bisa memberikan respon yang tepat.

Baca juga: Apa Itu LDR? Ini Penjelasan & Tips Langgeng LDR-an

Menyampaikan permintaan maaf ke pacar dengan tulus dapat menjadi salah satu tahap awal untuk berbaikan dengan pasangan. Jika hubungan dengan pacar malah tidak harmonis atau memberikan tekanan untukmu, tidak ada salahnya mengunjungi tenaga ahli dengan pasanganmu, seperti konselor, terapi, psikolog, atau psikiater.

Referensi

Psychology Today. (2019). How to Apologize: 8 Tips to Keep in Mind. www.psychologytoday(dot)com

UtahState University. (n.d.). How to Apologize to Your Partner. www.extension.usu(dot)edu

Verywell Mind. (2022). Apologizing Sincerely and Effectively. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp