Wajib Dicoba! 5 Cara Agar Tidak Cemburuan Berlebihan
Yuk Share!

Saat melihat pacar meluangkan waktu dengan teman, kadang kala ada beberapa orang yang merasa jealous atau cemburu dan akhirnya malah berujung pada pertengkaran. Sebenarnya rasa cemburu dapat terjadi dalam sebuah hubungan percintaan.

Namun, jangan sampai rasa jealous itu terlalu berlebih sampai-sampai membuat hubunganmu dengan kekasih hati menjadi renggang. Lantas, bagaimana caranya agar tidak cemburuan secara berlebih dan apa penyebab dari rasa cemburu dalam suatu hubungan? Cari tahu jawabannya di bawah!

Baca juga: Apa Itu Overthinking? Berikut Pengertian, Penyebab & Contohnya

Cara Agar Tidak Cemburuan dengan Pacar

Wajib Dicoba! 5 Cara Agar Tidak Cemburuan Berlebihan
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/FHvpa4-Fpu8

Rasa cemburu dalam suatu hubungan dapat terjadi ketika kamu merasa insecure terhadap pacarmu atau hubunganmu dengan pasanganmu. Jika tidak diatasi, rasa cemburu tersebut dapat berujung pada overthinking.

Oleh karena itu, kalau kamu mudah merasa jealous, kamu bisa mencoba cara agar tidak cemburuan secara berlebih ini:

  1. Tenangkan Diri
    Saat sedang cemburu, seseorang akan dengan mudah menjadi kalut dan cepat membuat keputusan atau melakukan sesuatu berdasarkan emosi semata. Biasanya keputusan dan tindakan tersebut berujung pada penyesalan.

    Sebaiknya, sebelum kamu menerapkan cara agar tidak cemburuan secara berlebih, tenangkan dirimu sejenak agar tidak terbawa emosi. Kalau memang diperlukan, kamu boleh menarik diri untuk beberapa saat sampai kamu bisa kembali berpikir secara jernih.

    Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan untuk bisa menenangkan diri, seperti melakukan meditasi, teknik pernapasan, ataupun metode relaksasi lainnya.
  2. Cari Tahu Penyebabnya
    Kalau kamu sudah menenangkan diri maka langkah selanjutnya adalah mengetahui apa yang menjadi pemicu dari rasa jealous yang kamu alami. Ambilah waktu untuk merenung dan menelusuri apa yang menjadi penyebab dari rasa cemburu yang kamu rasakan.

    Ada banyak hal yang dapat menjadi penyebab dari rasa cemburu, seperti merasa insecure, self-esteem yang rendah, adanya kebutuhan dalam hubungan percintaan yang tidak terpenuhi, atau adanya keinginan untuk mengendalikan hubungan.

    Selain mencari tahu penyebab rasa cemburu yang kamu alami, kamu juga perlu mengecek apakah rasa cemburu yang kamu rasakan memang benar adanya atau tidak. Kumpulkan terlebih dahulu bukti-bukti yang mendukung rasa cemburu tersebut.
  3. Tulis Jurnal
    Menulis jurnal dapat menjadi salah satu metode untuk menyalurkan rasa cemburumu secara sehat. Kamu dapat menuliskan apa yang kamu rasakan dan pikirkan dengan bebas dan mengevaluasi kembali apa yang sebenarnya kamu alami.

    Saat sedang menuliskan jurnal atau diary, refleksikan kembali bagaimana hubunganmu dengan pasangan. Kamu dapat lebih mengenal dirimu dan memahami bagaimana pola pikirmu dalam menjalani hubungan percintaan melalui tulisan dalam jurnal.
  4. Bicarakan dengan Orang Terdekat
    Saat kamu sedang merasa cemburu, sangat mungkin untuk tidak menyadari apa yang menjadi penyebab rasa cemburumu. Kamu juga kadang akan kesulitan untuk mengecek apakah rasa cemburu yang kamu rasakan memang memiliki alasan yang jelas atau tidak.

    Salah satu cara untuk memastikan kalau rasa cemburumu sesuai dengan realita adalah dengan bertanya dan berdiskusi dengan teman atau kerabat dekat yang bisa dipercaya. Mereka dapat memberikan perspektif baru dan saran yang dapat membantumu untuk mengelola emosimu.
  5. Bicarakan dengan Pacar
    Salah satu cara jitu agar tidak cemburuan dengan pacar adalah dengan membicarakan apa yang membuatmu bisa merasa demikian secara terbuka dan jujur. Secara tidak langsung, kamu juga mengkomunikasikan kebutuhan dan keinginanmu dalam hubungan percintaan kalian.

    Namun, jangan sampai kamu menuduh atau menyalahkan pacarmu, ingatlah kalau kamu sedang berdiskusi dan membagikan apa yang kamu pikirkan serta rasakan, bukan memojokkannya. Setelahnya, biarkan pasanganmu meresponi apa yang kamu sampaikan.

    Terkadang pasanganmu mungkin tidak menyadari kalau perilaku atau tindakannya dapat memancing rasa cemburu dalam dirimu, makanya kamu perlu menyampaikan apa yang kamu rasakan dan pikirkan agar pacarmu juga bisa menyadarinya dan dapat mencari solusinya bersama.

Baca juga: Ampuh! 11 Cara Mengatasi Overthinking Berlebihan dengan Tepat

Rasa cemburu adalah sesuatu yang normal dan bisa terjadi dalam semua hubungan percintaan. Namun, rasa jealous yang berlebih dan tidak berdasarkan fakta yang jelas justru dapat menghancurkan hubunganmu dengan pasangan.

Umumnya, rasa cemburu merupakan suatu sinyal kalau kamu perlu menyampaikan apa yang kamu tidak sreg dengan pasanganmu. Oleh karena itu, cara utama agar tidak cemburuan dengan pacar secara berlebih adalah dengan berkomunikasi secara jujur, terbuka, dan netral dengan pacar.

Apabila rasa cemburu yang kamu alami berlebih dan sampai mengganggu hubunganmu dengan pasangan, maka kamu bisa mempertimbangkan mengunjungi tenaga profesional, seperti psikolog, psikiater, terapis, atau konselor, untuk memahami pemicu dari rasa cemburu tersebut dan mencari metode yang tepat untuk menanggulanginya.

Referensi

Choosing Therapy. (2021). How to Deal with Jealously In a Relationship: 8 Tips. www.choosingtherapy(dot)com

Healthline. (2019). 12 Ways to Let Go of Jealousy. www.healthline(dot)com

PsychCentral. (2022). 6 Healthy Ways to Deal with Jealously. www.psychcentral(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp