Warning! Ini Contoh Overthinking ke Pacar yang Wajib Dihindari!
Yuk Share!

Dalam hubungan berpacaran, dibutuhkan trust atau rasa percaya terhadap satu sama lainnya. Beberapa orang memiliki kesulitan untuk bisa mempercayai pasangannya dan cenderung melakukan overthinking atau memikirkan asumsi-asumsi tertentu secara berlebih dan terus-menerus.

Overthinking dalam hubungan percintaan adalah sesuatu yang sering terjadi dan tidak hanya dialami oleh orang-orang yang posesif atau curigaan saja. Terkadang ada beberapa hal yang kamu pikir bukan overthinking tapi sebenarnya sudah merujuk ke perilaku tersebut.

Lantas, apa saja contoh overthinking ke pacar dan bagaimana cara mengatasinya? Cari tahu lebih dalam mengenai contoh-contoh beserta cara mengatasi overthinking melalui artikel ini!

Baca juga: Ampuh! 11 Cara Mengatasi Overthinking Berlebihan dengan Tepat

Apa Saja Contoh Overthinking ke Pacar?

Warning! Ini 7 Contoh Overthinking ke Pacar yang Wajib Dihindari!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/OKCCCbyon28

Sebelum menelusurui apa saja contoh overthinking ke pacar, kamu harus tahu dulu apa yang memicu overthinking dan apa saja dampaknya. Perilaku atau kebiasaan tidak sehat ini umumnya muncul saat kamu lebih berfokus ke hal-hal negatif dan terlalu mengkhawatirkan apa yang sudah terjadi di masa lalu atau apa yang akan terjadi di masa depan.

Overthinking tidak hanya dapat menimbulkan stres dan rasa cemas tetapi juga bisa merenggangkan hubunganmu dengan pasangan dan membuatmu tidak dapat berkonsentrasi secara penuh dengan pacarmu.

Normalnya, overthinking dapat terjadi saat kamu baru saja jatuh cinta, sedang mengalami konflik dengan pasangan, atau lagi berada di fase eksplorasi hubungan atau pacar. Namun, overthinking yang kerap kali muncul secara tiba-tiba atau terus-menerus dapat memengaruhi kesehatan mentalmu dan pasangan.

Overthinking ke pasangan tidak hanya berupa jealous kalau pasangan bersama orang lain. Masih ada banyak contoh overthinking ke pacar, seperti:

  • Tidak merasa aman atau adanya kepastian dalam hubungan dengan pacar
  • Selalu merasa kamu tidak cocok dengan pasangan
  • Khawatir kalau tiba-tiba pasanganmu berubah pikiran
  • Merasa insecure dengan hubungan percintaanmu
  • Merasa cemas atau takut ditinggalkan oleh pacar
  • Sulit memberikan pacar atau diri sendiri batasan atau waktu sendiri dalam hubungan
  • Merasa cemas kalau pasangan tidak mencintai atau peduli dengan dirimu

Bagaimana Cara Mengatasi Overthinking ke Pacar?

Warning! Ini 7 Contoh Overthinking ke Pacar yang Wajib Dihindari!
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/jQBZS9KX_P0

Setelah memahami kira-kira apa saja contoh overthinking ke pacar, maka hal selanjutnya adalah mencari cara untuk menanggulangi kebiasaan tidak sehat tersebut. Berikut adalah beberapa cara yang bisa kamu coba untuk mengatasi overthinking dalam hubungan berpacaran:

Baca juga: Wajib Dicoba! 5 Cara Agar Tidak Cemburuan Berlebihan

  1. Cari Tahu Penyebabnya
    Seringnya saat mengalami overthinking, kamu tidak akan terpikir apakah yang kamu lakukan termasuk salah satu contoh overthinking ke pacar dan apa yang membuatmu bisa memiliki asumsi-asumsi tersebut.

    Saat overthinking mulai muncul, ada baiknya kamu berdiam diri sejenak daripada langsung memikirkan segala asumsi yang timbul di benakmu. Cari tahu apa yang sebenarnya memantik overthinking-mu.

    Misalnya, kamu overthinking dan berpikir kalau pacarmu tidak mau membawamu untuk bertemu dengan teman-temannya. Bisa jadi asumsi itu datang dari ketakutan kalau pacarmu tidak menganggapmu sebagai pasangannya atau kamu memiliki keinginan untuk memegang kendali atas hubungan kalian.

    Telusuri juga apa yang sebenarnya kamu inginkan dan butuhkan dari hubunganmu dengan pasangan. Bisa jadi ada beberapa keinginan atau kebutuhan yang tidak terpenuhi yang memicu overthinking.
  2. Analisis Perasaan dan Pemikiran
    Kalau kamu sudah tahu apa akar permasalahan dari overthinking yang kamu alami maka langkah selanjutnya adalah mengecek apakah apa yang kamu rasakan dan pikirkan memang benar adanya atau hanya sebatas asumsi saja.

    Kumpulkan fakta dan bukti-bukti untuk mengevaluasi apakah apa yang kamu pikirkan dan rasakan memang sudah sesuai dengan realita yang ada atau hanya sekedar sebuah asumsi saja.
  3. Salurkan Overthinking
    Kalau overthinking yang kamu alami tetap saja muncul, coba salurkan semua pemikiran dan perasaanmu alih-alih hanya memendamnya saja. Kamu dapat menuliskannya menjadi sebuah jurnal atau mengekspresikannya dalam bentuk puisi ataupun lukisan.
  4. Cari Kesibukan
    Segala contoh-contoh overthinking yang kamu sedang alami bisa kamu atasi dengan mengalihkan fokusmu karena bisa jadi kamu terus-menerus overthinking karena tidak melakukan aktivitas lainnya. Oleh karena itu, carilah kesibukan lain, seperti bekerja sampingan atau mencoba pengalaman atau hobi baru.
  5. Komunikasikan dengan Pasangan
    Cara paling ampuh dalam mengatasi overthinking adalah dengan menyampaikan apa yang kamu rasakan dan pikirkan ke pasanganmu. Daripada kamu berasumsi sendiri, ada baiknya kamu coba mengutarakan kecemasan dan ketakutanmu ke pacarmu.

    Namun, jangan langsung menuduh pacarmu sesuai dengan asumsi yang ada di pikiranmu. Komunikasikan dengan baik dan terbuka. Hargai pasanganmu dan jadikan itu sebagai ajang untuk berdiskusi.
  6. Coba Metode Mindfulness
    Selain mencari kesibukan lain, kamu juga dapat mencoba metode mindfulness untuk mengalihkan fokusmu dari overthinking yang kamu alami. Teknik mindfulness akan memusatkanmu pada masa kini dengan berfokus pada pernapasan dan sensasi-sensasi yang ada di sekitar tubuhmu.
  7. Diskusi dengan Teman
    Kamu dapat coba berdiskusi dengan teman atau kerabat terdekat yang bisa dipercaya mengenai overthinking yang kamu alami. Mereka dapat memberikanmu persepsi baru dan masukan mengenai hubunganmu dengan pasangan.

Meskipun sudah tahu contoh dan cara mengatasi overthinking ke pacar, tetapi kadang kala overthinking yang dialami sudah terlalu akut atau mengakar menjadi kebiasaan yang sangat sulit dihilangkan dan mengganggu kehidupan sehari-hari.

Jika sudah demikian, kamu dan pasangan tidak perlu malu atau sungkan untuk mengunjungi tenaga ahli, seperti psikolog, psikiater, konselor, ataupun terapis, untuk memahami apa yang menjadi pemicu overthinking dan apa yang dapat kamu lakukan untuk menanggulanginya.

Referensi

Choosing Therapy. (2022). How to Stop Overthinking in a Relationship. www.choosingtherapy(dot)com

MindWell Psychology NYC. (2021). How to Stop Overthinking in a Relationship. www.mindwellnyc(dot)com

Simply Together. (2022). How to Stop Overthinking in Your Relationship. www.simplytogether(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp