Fakta Menarik Lainnya Mengenai Karakter Manusia
Yuk Share!

Salah satu topik utama yang diulas dalam dunia psikologi adalah mengenai kepribadian atau karakter manusia. Oleh karena itu, tak heran kalau ada banyak fakta-fakta unik yang menarik mengenai sifat-sifat manusia dalam dunia psikologi.

Dari hari ke hari, para peneliti yang mendalami psikologi berusaha untuk membedah rahasia dari kepribadian manusia. Penasaran apa saja fakta-fakta unik mengenai karakter manusia yang sudah tersingkap? Simak selengkapnya melalui artikel ini!

Baca juga: 8 Fakta Menarik Tentang Kepribadian Manusia

7 Fakta Unik Tentang Karakter Manusia

7 Fakta Unik Lainnya Mengenai Karakter Manusia
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/2LowviVHZ-E

Manusia adalah mahluk yang haus akan jawaban dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Banyak penemuan yang sudah berhasil ditemukan dan dibuat, salah satunya adalah hal-hal unik mengenai karakter manusia. Berikut adalah tujuh fakta unik tentang karakter manusia:

  1. Kepribadianmu Dapat Tercerminkan dari Caramu Bergerak
    Perilaku dan sikap tidak lagi menjadi satu-satunya cara untuk memahami kepribadian seseorang. Sebuah studi mendapati bahwa karakter seseorang bisa tercerminkan dari cara mereka bergerak.

    Orang-orang yang cenderung mengikuti pergerakan orang lain (mirroring) memiliki karakteristik yang lebih mudah untuk melakukan perilaku-perilaku yang kolektif untuk kepentingan bersama.

    Tidak hanya itu secara tidak langsung, orang-orang akan lebih tertarik dan mudah untuk berinteraksi dengan orang yang memiliki pergerakan atau cara bergerak yang serupa.
  2. Kamu Bisa Menebak Karakter Seseorang dari Aromanya
    Fakta unik yang satu ini mungkin terdengar seperti suatu super power, tapi ternyata suatu riset menemukan bahwa akurasi kita menebak karakter seseorang dari aroma tubuh atau pakaiannya sebanding dengan melihat cuplikan video mengenai orang tersebut.

    Tentunya tidak semua kepribadian dapat ditebak dengan mudah dan kebanyakan karakter yang mudah untuk diidentifikasi adalah sifat dominan, neurotik, dan extraversion.
  3. Cinta Dapat Mengurangi Tingkat Neuroticism
    Cinta tidak hanya membutakan logika tapi juga membantu mengurangi atau menyeimbangkan kecenderungan seseorang untuk merasakan emosi negatif atau neuroticism.

    Rasa cinta dapat mengubah cara pandang orang-orang yang pesimis menjadi lebih positif dan membuat mereka lebih percaya diri.
  4. Semakin Bertambah Usia, Semakin Ramah
    Siapa bilang kaum manula adalah orang-orang yang pemarah dan unfriendly. Nyatanya, semakin tua seseorang, maka semakin mudah pula mereka untuk setuju dengan orang lain, lebih bermoral, dan lebih tidak moodian.
  5. Orang-orang yang Suka Pahit Cenderung Memiliki Karakteristik Narsistik dan Psikopatik
    Apakah preferensi makanan atau minuman favoritmu bisa memprediksi karaktermu? Sebuah riset mencoba menjawab pertanyaan tersebut.

    Studi tersebut menemukan bahwa orang-orang yang lebih suka makanan atau minuman yang pahit, seperti kopi hitam dan tonic water, cenderung mempunyai sifat narsistik dan psikopatik. Di sisi lain, orang-orang yang tidak suka makanan pahit memiliki sifat yang lebih mudah mengikuti atau menyetujui orang lain.
  6. Bentuk Otak Berhubungan dengan Kepribadian
    Siapa sangka, ternyata bentuk dan ukuran otak berhubungan dengan karakteristik manusia. Sebuah studi menemukan kalau orang-orang yang memiliki tingkat neuroticisim yang tinggi memiliki daerah otak prefrontal dan temporal cortex yang tebal dengan ukuran otak yang kecil dan tidak terlalu lentur.

    Di sisi lain, orang-orang yang kreatif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi mempunyai bagian otak prefrontal cortex yang lebih tipis dengan ukuran otak yang lebih besar dan lentur.
  7. 50 Persen Kepribadian Ditentukan oleh Genetik
    Pengalaman dan lingkungan sosial ternyata hanya berkontribusi sebanyak kurang lebih 50 persen terhadap pembentukan kepribadian manusia. Nyatanya, karakteristik yang kamu miliki 50 persennya lagi ditentukan secara genetik atau diturunkan.

Baca juga: Tes 16 Tipe Kepribadian MBTI: Definisi dan Macam-macam MBTI

Kepribadian tiap orang unik dan berbeda-beda. Oleh karena itu, jangan mencap karakter seseorang hanya berdasarkan fakta-fakta unik mengenai karakteristik manusia di atas.

Ingin tahu lebih banyak mengenai kesehatan mental dan fakta-fakta mengenai kepribadian manusia? Langsung join grup Telegram Dear Senja melalui tautan ini!

Referensi

Exploring Your Mind. (2022). Five Facts About Personality. www.exploringyourmind(dot)com

Independent. (2015). How you drink your coffee ‘could point to psychopathic tendencies’. www.independent.co(dot)uk

Psyblog. (2022). 11 Surprising Facts About Your Personality. www.spring.org(dot)uk

Psyblog. (2016). Your Personality Traits Are Revealed By The Way You Move. www.spring.org(dot)uk

Scientific American. (2013). Can You Smell Personality?. www.blogs.scientificamerican(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp