Fakta Unik Tentang Kepribadian Manusia
Yuk Share!

Kalau berbicara tentang manusia pasti tidak ada habisnya. Ada banyak hal yang bisa dikulik tentang manusia, mulai dari perilaku sampai kepribadiannya. Meskipun teknologi dan ilmu pengetahuan belum sepenuhnya dapat mengungkapkan misteri dari kehidupan manusia, tetapi tiap hari pasti ada saja riset baru yang dilakukan oleh banyak peneliti di berbagai belahan dunia.

Untuk menambah wawasanmu mengenai kepribadian manusia, Dear Senja sudah membuat daftar fakta-fakta menarik mengenai kepribadian manusia. Jangan lupa kasih tahu teman-temanmu supaya mereka juga ikut terkesima dan tercerahkan.

Baca juga: Tes 16 Tipe Kepribadian MBTI: Definisi dan Macam-macam MBTI

8 Fakta Menarik Mengenai Kepribadian Manusia

8 Fakta Menarik Tentang Kepribadian Manusia
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/o4c2zoVhjSw

Ada banyak aspek-aspek dalam kehidupan manusia yang menarik untuk dibahas, salah satunya adalah mengenai kepribadian manusia. Nah sebelum membahas tentang fakta-fakta kepribadian manusia, kamu perlu tahu dulu apa itu kepribadian dalam psikologi.

Menurut American Psychological Association, kepribadian adalah kumpulan karakter dan perilaku manusia yang sudah bertahan lama dan dibentuk oleh bagaimana manusia beradaptasi dengan kehidupan, pengalaman-pengalaman hidup, ketertarikannya, nilai-nilai dan prinsip, konsep diri, kemampuan, serta pola emosionalnya.

Nah, setelah memahami apa itu kepribadian manusia, sekarang langsung saja kita menelaah fakta-fakta menarik tentang kepribadian manusia di bawah!

  1. Profile Picture Bisa Cerminkan Kepribadian
    Salah satu prinsip yang diyakini orang-orang di zaman sekarang adalah semua yang ada di dunia maya hanyalah tipu belaka alias tidak mencerminkan kepribadian sejati orang tersebut.

    Namun, sebuah penelitian mendapati bahwa foto profil Facebook seseorang dapat mencerminkan kepribadian asli orang tersebut. Dalam riset tersebut, partisipan akan memberikan profile picture Facebook mereka dan mengisi kuesioner kepribadian.

    Nantinya, akan ada kelompok lain atau para observer, yang akan diminta untuk menggambarkan kepribadian para partisipan berdasarkan profile picture Facebook mereka. Jawaban dari para observer akan dibandingkan dengan hasil kuesioner kepribadian partisipan.

    Nah, setelah dibandingkan, ternyata, jawaban dari para observer cukup sesuai dengan hasil kuesioner kepribadian partisipan. Ini menunjukkan kalau besar kemungkinannya seseorang dapat memahami kepribadian orang lain dari profile picture mereka di dunia maya.
  2. Kepribadian Berhubungan dengan Hewan Peliharaan
    Kamu tentunya sering mendengar tentang ‘dog person‘ dan ‘cat person‘. Nyatanya, pemilihan antara anjing versus kucing ini ternyata berhubungan dengan kepribadian seseorang.

    Orang yang lebih menyukai anjing ditemukan memiliki kepribadian yang lebih ekstrovert dan senang menyenangkan orang lain. Sementara itu, para penggemar kucing memiliki rasa ingin tahu yang lebih tinggi dan lebih introvert.
  3. Kepribadian dan Preferensi Politik Seseorang
    Sudah sejak lama orang-orang menyadari kalau kepribadian memiliki kaitan yang erat dengan preferensi dan ketertarikan seseorang. Tapi, tahukah kamu kalau kepribadian seseorang juga berpengaruh pada preferensi politiknya?

    Sebuah penelitian di University of Toronto menemukan kalau orang-orang yang memiliki preferensi politik konservatif cenderung mempunyai skor yang tinggi di karakteristik keteraturan (orderliness), sementara orang-orang yang liberal memiliki tingkat empati yang lebih tinggi.
  4. Urutan Kelahiran Dapat Memengaruhi Kepribadian
    Sudah lama orang-orang mempercayai kalau urutan kelahiran dapat berdampak pada kepribadian. Bahkan, tak jarang orang-orang mencap anak pertama lebih bossy dan bertanggung jawab sementara anak bungsu lebih impulsif, tapi apakah ini benar adanya?

    Teori urutan kelahiran dan kepribadian dikemukakan oleh Alfred Adler, ia meyakini kalau anak pertama memiliki skill leadership yang baik, anak tengah handal dalam berkomunikasi dan bernegosiasi, sementara anak bungsu lebih kreatif, outgoing, dan tidak suka dikekang.

    Namun, tentunya masih diperlukan riset lebih lanjut mengenai hubungan antara urutan kelahiran dengan kepribadian manusia.
  5. Urutan Kelahiran, Pertemanan, dan Pasangan Hidup
    Uniknya urutan kelahiran tidak hanya berpotensi memengaruhi kepribadian, tetapi juga cara seseorang berteman dan memiliki pasangan.

    Sebuah riset menemukan bahwa orang-orang akan lebih mudah berteman dan cenderung mencari pasangan dengan urutan kelahiran yang sama. Misalnya, anak pertama akan lebih mungkin untuk berteman dan memiliki pasangan yang juga anak pertama.

    Meskipun demikian, sama seperti pengaruh urutan kelahiran dan kepribadian, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai urutan kelahiran, pertemanan, dan pemilihan pasangan hidup.
  6. Kepribadian Cenderung Konstan
    Katanya manusia adalah mahluk yang dinamis, bisa beradaptasi, dan berubah. Sayangnya, kepribadian dasar seseorang akan terus sama seiring berjalannya waktu.

    Namun, tetap ada beberapa karakteristik, perspektif, dan pola pikir yang dapat berubah seiring bertambahnya usia seseorang. Misalnya, kebiasaan, tanggung jawab, tingkat kecemasan, keramahan, dan keraturan, serta keinginan untuk menjadi terbuka dan mencoba hal baru.
  7. Kepribadian Tertentu Tingkatkan Risiko Mengidap Penyakit
    Meskipun sekilas kepribadian sepertinya tidak ada hubungannya dengan potensi menderita penyakit tertentu, tetapi sebuah penelitian menemukan bahwa beberapa karakteristik berpotensi meningkatkan risikomu mengalami gangguan kesehatan tertentu.

    Misalnya, sifat agresif ditemukan berhubungan dengan masalah pada organ jantung dan karakter neurotik mempunyai hubungan dengan penyakit jantung, sakit kepala, asma, gangguan lambung, dan radang sendi.
  8. Hubungan antara Kepribadian dengan Gangguan Mental
    Selain penyakit fisik, kepribadian seseorang juga dapat meningkatkan peluang seseorang mengalami gangguan psikologis tertentu. Bahkan, kepribadian bisa menjadi salah satu faktor risiko dari sebuah masalah mental.

Baca juga: INFJ A/T Adalah Seorang Advokat? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Tentunya kepribadian manusia adalah hal yang kompleks dan masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyingkapinya. Oleh karena itu, hindari memberikan label pada seseorang berdasarkan fakta-fakta menarik kepribadian manusia di atas.

Mana fakta menarik tentang kepribadian manusia yang baru kamu ketahui? Kalau kamu ingin tahu lebih banyak soal kepribadian manusia dan kesehatan mental, kamu bisa bergabung dalam grup Telegam Dear Senja di sini!

Referensi

American Psychological Association. (n.d.). Personality. www.apa(dot)org

Verywell Mind. (2020) 10 Fascinating Facts About Personality. www.verywellmind(dot)com

WebMD. (2021). What to Know About Birth Order. www.webmd(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp