Apa Itu Nostalgia? Berikut Penjelasan, Jenis,& Manfaatnya
Yuk Share!

Saat sedang sendirian atau ketika kamu membuka kotak yang berisi album-album foto di masa kecil dan remaja, kamu akan langsung flashback ke masa lalu dan mengenang segala hal yang menyenangkan, menyedihkan, ataupun yang konyol.

Flashback yang kamu rasakan inilah yang dikenal sebagai bernostalgia atau mengenang masa lalu. Biasanya, memori-memori yang diingat saat bernostalgia adalah pengalaman-pengalaman menyenangkan yang sudah tidak bisa dialami atau dirasakan kembali.

Namun, tahukah kamu kalau bernostalgia ada kelebihan dan kekurangannya? Cari tahu lebih lanjut mengenai apa itu nostalgia melalui artikel ini!

Baca juga: Apa Itu Overthinking? Berikut Pengertian, Penyebab & Contohnya

Apa Itu Nostalgia?

Apa Itu Nostalgia? Berikut Penjelasan, Jenis,& Manfaatnya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/uaacLme8oao

Nostalgia adalah perasaan sentimental mengenai masa lalu yang biasanya menyangkut suatu kondisi atau tempat tertentu. Biasanya hal ini muncul ketika ada sesuatu yang mengingatkan kita terhadap masa lalu yang ingin diulang kembali.

Nostalgia berasal dari bahasa Yunani, yakni nostos yang berarti rumah dan algos yang berarti rasa sakit. Ini karena dulu nostlagia dikaitkan dengan rasa kangen pulang (homesick) dan kerap kali dialami oleh prajurit-prajurit yang harus pergi jauh dari rumah. Oleh karena itu, pada awalnya nostalgia didefinisikan sebagai rasa sakit atau kehilangan karena jauh dari rumah.

Namun, seiring berjalannya waktu, nostalgia mulai diasosiasikan dengan memori-memori menyenangkan, tapi tak bisa dipungkiri kalau saat kita sedang bernostalgia pasti akan muncul rasa kehilangan yang kadang kala dapat memicu kesedihan.

Meskipun sering diasosiasikan dengan memori-memori yang membahagiakan, ingatan-ingatan yang terbersit saat sedang bernostalgia bisa dilandasi suatu keinginan untuk merasakan kembali momen-momen di mana semuanya masih seperti dahulu kala dan tidak serumit sekarang.

Setelah memahami apa itu nostalgia, bisa disimpulkan kalau nostalgia adalah sesuatu yang meliputi memori-memori membahagiakan dan menjadi pelipur lara di kala sedang sedih atau stres. Saat sedang bernostalgia, kamu pasti akan ada keinginan untuk kembali ke suatu waktu, masa, atau tempat.

Ada banyak contoh dari nostalgia, misalnya mengingat kembali rumah di masa kecil, teringat momen-momen membahagiakan saat masih SMA, atau bahkan kenangan bersama mantan.

Jenis-jenis Nostalgia

Apa Itu Nostalgia? Berikut Penjelasan, Jenis,& Manfaatnya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/RAFAi1JqScw

Setelah menelaah apa itu nostalgia, kamu tentunya sudah bisa melihat bahwa ada berbagai jenis nostalgia. Berdasarkan jenis pengalaman yang diingat, terdapat dua jenis nostalgia, yaitu:

  • Nostalgia Positif
    Nostalgia positif meliputi memori-memori membahagiakan yang terkadang dilihat dari kacamata yang lebih positif dari kenyataannya. Nostalgia jenis ini menimbulkan rasa nyaman, hangat, dan senang.
  • Nostalgia Negatif
    Berbeda dengan nostalgia positif, ingatan-ingatan pada nostalgia negatif melingkupi hal-hal menyakitkan atau yang bernuansa bittersweet. Saat mengalami jenis nostalgia ini, kamu akan merasakan penyesalan, kesedihan, dan rasa kehilangan.

Selain itu, nostalgia juga bisa dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  • Personal, jenis nostalgia yang hanya mencakup memori tertentu mengenai suatu tempat, kejadian, atau orang
  • Sosial, jenis nostalgia yang ditandai dengan ingatan-ingatan mengenai suatu masa di mana semuanya masih saling terhubung
  • Budaya, jenis nostalgia yang meliputi momen-momen saat seseorang merasa terkoneksi dengan budayanya

Manfaat dari Nostalgia

Apa Itu Nostalgia? Berikut Penjelasan, Jenis,& Manfaatnya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/73OJLcahQHg

Sesaat bernostalgia mungkin dilihat sebagai sesuatu yang tidak produktif dan buang-buang waktu karena kamu hanya mengingat hal-hal yang sudah lama berlalu, tapi ternyata setelah menelusuri lebih lanjut apa itu nostalgia, kamu akan menyadari kalau ternyata ada banyak manfaat dari nostalgia, seperti:

  • Meningkatkan self-esteem dan rasa percaya diri
  • Memperbaiki suasana hati
  • Menimbulkan optimisme terhadap masa depan
  • Menguatkan ikatan dengan orang-orang sekitar
  • Memberikan kejelasan mengenai identitas diri dan tujuan hidup
  • Meningkatkan kepuasaan hidup
  • Membantu seseorang untuk move on atau menghadapi masa-masa sulit, seperti kematian orang yang disayangi, pensiun dari pekerjaan, ataupun baru putus dari pacar
  • Mengurangi kecemasan dan stres

Baca juga: Apa Itu Inner Child dalam Psikologi? Ini Penjelasannya!

Efek Negatif dari Nostalgia

Apa Itu Nostalgia? Berikut Penjelasan, Jenis,& Manfaatnya
Sumber gambar: https://unsplash(dot)com/photos/HrbtNUMswCs

Meskipun demikian, di balik manfaat-manfaat positif yang bisa didapatkan dari nostalgia, ada pula efek negatif yang bisa dirasakan saat kamu sedang bernostagia, seperti:

  • Mengurangi kemungkinan untuk melakukan tindakan yang nyata untuk menyelesaikan masalahnya karena memilih untuk mengenang kembali masa lalu
  • Membuat orang terjebak di masa lalu dan merasa tidak senang dengan situasi yang dihadapinya saat ini
  • Memicu rasa terisolasi dan kesepian

Namun, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menanggulangi efek negatif dari nostalgia. Kunci utamanya adalah dengan mengganti fokusmu, jangan hanya mengingat masa lalu, tapi lihatlah masa kini secara objektif, cari hal-hal yang menyenangkan dan kamu syukuri sekarang ini. Lakukanlah hal-hal yang kamu senangi.

Batasi waktumu dalam bernostalgia agar tidak membuang-buang waktu dan hanya sekedar mengenang masa lalu. Selain itu, kamu juga bisa membagikan momen-momen membahagiakan atau sedihmu dengan orang-orang terdekatmu dan cobalah untuk terkoneksi dengan orang-orang yang peduli denganmu sekarang ini.

Setelah mengetahui apa itu nostalgia, tentunya kamu mulai menyadari kalau nostalgia adalah sesuatu yang kompleks dan subjektif serta memiliki manfaat serta efek negatifnya jika dilakukan secara berlebih. Apabila kamu sulit untuk mengatasi stres sampai menjadikan nostalgia sebagai defense mechanism, kamu bisa mengunjungi tenaga ahli, seperti psikolog, psikiater, konselor, ataupun terapis.

Referensi

Medical News Today. (2021). Why Do We Need Nostalgia?. www.medicalnewstoday(dot)com

Psychology Today. (2020). The Psychology of Nostalgia. www.psychologytoday(dot)com

Verywell Mind. (2022). What Is Nostalgia?. www.verywellmind(dot)com


Yuk Share!

Leave a Reply

×

 

Hello!

Terimakasih sudah mengunjungi website Dear Senja. Ada yang bisa kami bantu?

× Contact Us On WhatsApp